liputan taput/internet

MPLIK di SMAN 1 Sipoholon

Dikirim Oleh : [Kamis, 09 Pebruari 2012]

Kamis 9 Pebruari 2012, MPLIK memasuki SMA Negeri 1 Sipoholon Kecamatan Sipoholon.  Kedatangan MPLIK diterima oleh Kepala SMA N 1 Sipoholon, Makdin Lumbantobing bersama dengan Guru TIK Tiurma Fera Tambunan.

Tim segera mempersiapkan MPLIK dan dengan segera para siswa dipersilahkan untuk memulai aktifitas penjelajahan di global internet.

Menarik untuk dicermati hal para siswa, yang mana para siswa di sekolah ini yang berasal dari berbagai tempat di seputar kecamatan Sipoholon, dengan latar belakang ekonomi rumah tangga yang beragam pula, tampak perbedaan diantara satu dengan lainnya para siswa, ada yang telah terbiasa dan ada pula yang masih ragu-ragu namun tidak terdapat seorang pun yang belum pernah memegang unit komputer.

Pengamatan media ini di lapangan, problem yang dialami oleh para siswa pada saat menjelajah di global internet, yaitu belum terkonsentrasinya pikiran mereka untuk memperoleh informasi sesuai dengan kebutuhan saat ini,  seperti memperoleh bahan-bahan pendukung materi pelajaran masing-masing, sebaliknya terbersit permintaan atau keinginan-keinginan untuk berinternet di jejaring sosial.

Keinginan para siswa ini telah diduga dan diketahui sebelumnya oleh Tim MPLIK, sedemikian, sejak awal kehadiran di SMN 1 Sipoholon ini, kepada Kepala Sekolah dan Guru pendamping telah dimintakan agar para siswa tidak membuka fasilitas jejaring sosial dan game, diharapkan agar siswa dapat diarahkan untuk mendapatkan materi pendukung pembelajaran sesuai dengan tingkat kelas masing-masing.

Kehadiran MPLIK di sekolah ini tidak dapat memuaskan hasrat seluruh siswa, dikarenakan tidak seluruh siswa dapat memanfaatkan fasilitas MPLIK dalam sehari ini, yang kehadirannya memang terbatas.

Guru pendamping khususnya guru TIK sangat mendukung kehadiran MPLIK di sekolah ini, tampak bagaimana aktifitas guru TIK mendampingi para siswa untuk mengatasi berbagai kesulitan atau kekurang pahaman para siswa sehingga menjadi lebih bagus menjelajah di global internet.  Sementara itu pula Tim MPLIK ikut serta mendampingi guru dan memberikan pencerahan kepada para siswa selama melakukan penjelajahan di dunia maya.

Pertanyaan klasik yang selalu diterima Tim MPLIK pada setiap saat persinggahan di unit-unit sekolah yaitu pengharapan para siswa dan sekolah, agar MPLIK tinggal di sekolah mereka, sehingga kemampuan para siswa diharapkan akan semakin tertingkat dalam mempergunakan sarana internet di hari-hari berikutnya, merupakan permintaan dan harapan para siswa di SMAN 1 Sipoholon ini.

Photo-photo liputan :