taput di media/informasi

Konjen Jepang Resmikan Pengadaan Air Bersih di Garoga Taput

Dikirim Oleh : admin [Kamis, 01 Januari 1970]

meresmikan penggunaan pengadaan air bersih bantuan pemerintah Jepang di SMP Negeri 2 Kecamatan Garoga, Tapanuli Utara, Kamis (17/7).

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Konjen Jepang Minoru Shirota, Bupati Taput Torang Lumbantobing dan Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Garoga Koloster Gultom Mpd dilanjutkan pengguntingan pita dan pembukaan pintu menara air oleh Konjen serta pembukaan kran air oleh Bupati Taput.

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Garoga Koloster Gultom melaporkan, pembanguan tersebut terlaksana atas bantuan pemerintah Jepang sebesar Rp 658 juta untuk pengadaan air bersih, MCK dan WC. Dengan tersedianya sarana dan prasarana tersebut akan mendukung pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Bupati Taput Torang Lumbantobing dalam sambutannya mengharapkan perhatian pemerintah Jepang tersebut dengan memberikan bantuan serupa kiranya dapat terus berkelanjutan untuk beberapa sekolah lagi di Taput yang sangat membutuhkan pengadaan air bersih dan sarana prasarana lainnya sebagai pendukung proses belajar mengajar.

 “Dengan kehadiran Konjen Jepang di daerah kami ini semoga membuka perhatian pemerintah Jepang yang lebih besar lagi pada masa yang akan datang,? sebutnya sembari mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Jepang atas bantuan tersebut.

Sementara kepada para siswa dihimbau untuk semakin meningkat semangat belajarnya karena sarana prasarana sudah semakin lengkap di sekolah tersebut. Begitu juga kepada para orang tua siswa diminta memberikan bimbingan kepada anak-anaknya dengan mewariskan sifat-sifat yang baik berupa kejujuran, sopan santun, etika dan kebersihan serta memberikan sentuhan-sentuhan yang membangkitkan semangatnya.

Pada kesempatan itu, Konjen Jepang di Medan Minoru Shirota menjelaskan terlaksananya pembanguan pengadaan air tersebut atas adanya hubungan kerjasama yang baik antara perintah Jepang dan Indonesia serta terlaksananya kordinasi yang baik antara pengelola proyek yaitu SMP Negeri 2 Garoga dengan Konjen Jepang di Medan.

 “Kami mengharapkan adanya kerjasama antara pihak sekolah, masyarakat sekitar dan pemerintah daerah untuk menjaga dan merawat fasilitas yang telah kita bangun ini agar dapat bermanfaat dengan baik,? sebutnya.

Usai penandatanganan prasati dilanjutkan dengan pemberian cendramata berupa ulos oleh tokoh masyarakat Garoga kepada Konjen Jepang di Medan Minoru Shirota dan dua stafnya, Bupati Torang Lumbantobing serta Camat Garoga Tumbur Hutabarat untuk selanjutnya meninjau fisik bangunan.

Sebelumnya, memasuki lokasi SMP Negeri 2 Garoga, rombongan Konjen Jepang dan Bupati Taput disambut dengan drum band dan tarian tor-tor dan kibaran bendera Indonesia dan Jepang oleh para siswa yang membuat suasana penyambutan tersebut semarak.