Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si Dukung SKW DPC-SPRI untuk Wujudkan Wartawan Profesional


Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Kadis Kominfo Hendrik Taruna, Kadisnaker Sofian Simanjuntak, Kasatpol PP Rudi Sitorus beserta beberapa pimpinan perangkat daerah membuka secara resmi Sertifikasi Kompetensi Wartawan (SKW) DPC-SPRI (Dewan Pimpinan Cabang Serikat Pers Republik Indonesia) Kabupaten Tapanuli Utara, bertempat di Hotel Palapa Tarutung, Selasa (18/04/2023). 


Turut Hadir dalam kegiatan sertifikasi kompetensi wartawan yang diikuti 22 peserta tersebut, Ketua DPP SPRI Heintje G. Mandagi dan Ketua DPC SPRI Tapanuli Utara Lamhot Silaban, ST.


Dalam arahannya, Bupati Nikson Nababan berharap kegiatan SKW dapat melahirkan wartawan profesional dan berkompeten dalam memberikan informasi yang baik dan benar sesuai kaidah jurnalistik.


"Kami berharap Sertifikasi Kompetensi Wartawan ini dapat memberi ruang bagi rekan wartawan untuk meningkatkan kompetensinya agar menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas. Informasi yang ditulis oleh wartawan yang baik dan benar merupakan tolak ukur masyarakat dalam menilai dan menerima informasi kinerja pemerintah yang baik dan benar pula. Saya yakin dari kegiatan ini nantinya akan terlahir wartawan yang teruji dan patuh pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) serta menjadi wartawan profesional dalam menulis berita," harap Bupati Nikson Nababan.


Bupati juga menginginkan adanya pola kerjasama yang lebih baik antara media dengan pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara di masa yang akan datang. 


"Harapan saya, kedepannya Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dapat menerapkan pola kerjasama yang lebih baik dengan media melalui Dinas Komunikasi dan Informatika. Salah satunya adalah mengutamakan wartawan berkompeten atau bersertifikasi SKW yang dapat berkontrak dan bekerjasama dalam penerbitan berita berbayar," tambah Bupati Nikson Nababan.


“Kepada teman-teman Wartawan, mari kita tetap menjalin kekompakan dan saling bersinergi membangun daerah kita ini melalui berita yang akurat terkait kinerja pemerintah dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara agar masyarakat bisa melihat dan percaya upaya dan kerja nyata kita semua,” tutup Bupati Tapanuli Utara. 


Dalam kesempatan tersebut Ketua DPP SPRI Heintje G. Mandagi menyampaikan ungkapan Terima Kasih kepada Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan atas dukungan kepada jurnalis dan media.


“Saya ucapkan Terima Kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara khususnya Bapak Bupati Nikson Nababan, yang sudah mendukung kawan-kawan Wartawan Tapanuli Utara selama ini. Kehadiran Bapak dan jajaran pada hari ini membuktikan penerimaan Pemerintah atas pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Wartawan di Indonesia, khususnya di Tapanuli Utara semakin diakui dan semakin massive,” ungkapnya.