Kabupaten Tapanuli Utara

Berita Utama
Terbit 18 Sep 2021 08:19
Berita Utama
Terbit 17 Sep 2021 08:19
Berita Utama
Terbit 15 Sep 2021 08:19
Lambang Daerah Tapanuli Utara

Kabupaten Tapanuli Utara

Kabupaten Tapanuli Utara adalah sebuah kabupaten di provinsi Sumatra Utara, Indonesia yang ibukotanya berada di Tarutung. Jumlah penduduk kabupaten Tapanuli Utara ditahun 2018 sebanyak 299.881 jiwa, dengan kepadatan penduduk 79,05 jiwa/km2 dan kabupaten ini merupakan kawasan yang mayoritas penduduknya adalah etnis atau suku Batak Toba.

Sekilas Informasi Kabupaten

Pimpinan Daerah

Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Utara

Drs. Nikson Nababan, M.Si, lahir di Siborongborong, Sumatra Utara, 05 Oktober 1972, adalah Bupati Tapanuli Utara untuk periode 2019 s/d 2024.

Sarlandy Hutabarat, SH, lahir pada tanggal 7 Nopember 1954, adalah Wakil Bupati Tapanuli Utara untuk periode 2019 s/d 2024

Visi-Misi

Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung Sumberdaya Manusia Yang Berkualitas serta Daerah Wisata

  1. Meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani melalui perlindungan petani dan lahan pertanian berkelanjutan.
  2. Pengembangan komoditi dan produk unggulan daerah berbasis pertanian dan sumber daya lokal.
  3. Meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan.
  4. Meningkatkan kualitas dan daya saing sdm melalui pelatihan tenaga kerja, pemanfaatan iptek dan pengembangan jiwa kewirausahaan.
  5. Meningkatkan destinasi wisata melalui pengembangan kawasan wisata alam dan budaya, rohani dan agrowisata.
  6. Meningkatkan kualitas infrastruktur yang terintegrasi dengan mengacu pada penataan ruang/wilayah, perlindungan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan hidup.
  7. Meningkatkan kapasitas desa menuju desa mandiri
  8. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan sistem e-government
Kecamatan

Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara

Kabupaten Tapanuli Utara terdiri dari 15 kecamatan, dengan 11 kelurahan dan 241 desa. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2019, Kecamatan terluas adalah Kecamatan Garoga dengan luas 567,58 km2 dan hanya ditempati oleh 29 orang penduduk per-km2. Jumlah penduduk terbanyak terdapat di Kecamatan Siborongborong dengan jumlah penduduk 47.729 jiwa (15,81%) dari seluruh total penduduk Kabupaten Tapanuli Utara sebesar 301.789 jiwa.

Sementara itu, kecamatan yang memiliki kelurahan terbanyak ada di Ibukota kabupaten Tarutung yakni 7 kelurahan dari total 11 kelurahan yang ada.

Suku Bangsa

Keberagaman Suku

Kabupaten Tapanuli Utara merupakan rumah bagi suku Batak Toba, yang juga mencakup kabupaten yang sudah dimekarkan saat ini yakni Kabupaten Samosir, Kabupaten Toba Samosir dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Tidak ada data resmi besaran jumlah etnis di Tapanuli Utara, namun secara keseluruhan didominasi oleh suku Batak Toba.

Selain itu, ada sebagian kecil yang merupakan suku terdekat Batak Toba, yakni Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Angkola dan Batak Pakpak. Ada pula sebagian kecil orang Jawa, Minangkabau dan Tionghoa, yang banyak terdapat di Tarutung dan Siborongborong.

Agama

Kerukunan Beragama

Mayoritas penduduk kabupaten Tapanuli Utara memeluk agama Kristen, sebagian kecil beragama Islam dan Budha. Suku asli di kabupaten Tapanuli Utara yakni Batak Toba umumnya memeluk agama Kristen Protestan dan sebagian memeluk Katolik, Islam dan kepercayaan asli suku Batak yaitu Parmalim.

Sekitar 95,09% penduduk Tapanuli Utara memeluk agama Kristen, kemudian Islam 4,76% yang banyak bermukim di Garoga, dan Pahae, kawasan yang berbatasan dengan Kabupaten Tapanuli Selatan dimana banyak diantara adalah suku Batak Angkola atau Mandailing. Sebagian kecil memeluk agama Buddha 0,05% dari etnis Tionghoa dan sebanyak 0,01% masih memegang kepercayaan Parmalim.

Pariwisata

Beraneka Objek Wisata

Kabupaten Tapanuli Utara memiliki beberapa tempat wisata. Salah satu yang paling terkenal adalah wisata Salib Kasih. Sebagai kawasan yang mayoritas memeluk agama Kristen, kawasan ini sering dijadikan sebagai wisata rohani, baik dari daerah maupun wisatawan mancanegara.

Selain Salib Kasih, ada pula tempat wisata lainnya yang tepat berada di pinggir Danau Toba, yakni Panatapan Huta Ginjang, yang terletak di Huta Ginjang, kecamatan Muara. Dari tempat ini, wisatawan bisa melihat keindahan dan sekeliling Danau Toba. Masih di kecamatan Muara, ada juga Tugu Toga Aritonang dan tugu Bukit Doa.

Ada pula tempat wisata permandian air panas. Tempat permandian Air Soda Sirara, yang disinyalir hanya ada dua tempat wisata seperti ini, yakni di Tarutung, Tapanuli Utara dan satu lagi di Venezuela.[11] Tempat wisata lain yang menjadi tempat wisata di Tapnuli Utara adalah Sopo Partungkoan, merupakan gedung kesenian dan kebudayaan Tapanuli Utara.

Luas Wilayah

Secara geografis Kabupaten Tapanuli Utara terletak pada koordinat 1º20’00” -2º41’00” Lintang Utara (LU) dan 98º05’-99º16’ Bujur Timur (BT). Dengan luas wilayah yang dimiliki ± 3.800,31 Km², dengan distribusi luas daratan sebesar 3.793,71 Km² dan luas perairan Danau Toba sebesar 6,60 Km².

0

Kecamatan

0

Desa/Kelurahan

0

Jumlah Penduduk (Thn 2018)

0

Jumlah ASN

E-GOVERMENT

Bekerjasama dengan Unit EGOV-CENTER Institut Teknologi Del dan melalui Dinas Kominfo, Kabupaten Tapanuli Utara telah mengimplementasikan sistem pemerintahan berbasis elektronik sejak tahun 2018

Pengembangan dan penyempurnaan aplikasi tetap dilakukan. Sampai saat ini beberapa aplikasi utama telah dihasilkan dan digunakan, diantaranya: Aplikasi Perencanaan, Penganggaran, Kepegawaian, Kinerja, Penatausahaan dan Portal Kabupaten

Aplikasi Perencanaan