Antisipasi Penyebaran Covid-19 Varian Omicron, Bupati Taput Tetap Tekankan Penerapan Prokes


Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Tapanuli Utara Indra S.H Simaremare dan beberapa Pimpinan OPD memberikan pengarahan untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 varian Omicron di Tapanuli Utara, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Tarutung. (Selasa, 08/02/2022).
Mungkin gambar 3 orang, orang duduk dan orang berdiri
Ini sebagai tindaklanjut Pemkab Tapanuli Utara sesuai dengan arahan Bapak Presiden RI Joko Widodo dalam Vidcon kepada seluruh kepala daerah se Indonesia pada hari Senin lalu (08 Februari 2022).
Kegiatan ini diikuti oleh Kapolres Tapanuli Utara AKBP Ronald Fredy Christian Sipayung dan Dandim 0210 TU Letkol Inf Hari Sandra dilakukan semi virtual dengan zoom meeting kepada para Camat , Kapolsek, Denramil, Kepala Desa, Lurah, Ka. UPT Kesehatan, Koorwil Pendidikan, serta Kepala Sekolah se-kabupaten Tapanuli Utara.
Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri dan orang duduk
Dalam arahannya Bupati Nikson Nababan mengatakan bahwa Zoom Meeting kali ini bertujuan untuk menyikapi perkembangan Covid-19 terutama varian baru Omicron. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Omicron ini memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibanding varian Delta dan sesuai pernyataan Presiden RI dalam vidcon, hal tersebut sudah terbukti di kota Jakarta dan Bali. Diperkirakan penularan varian Omicron akan semakin meluas.
Mungkin gambar 6 orang, orang berdiri dan dalam ruangan
“Untuk mencegah penyebaran varian Omicron di wilayah Tapanuli Utara, kita harus semakin disiplin mematuhi dan melaksanakan Prokes terutama memakai masker. Saat ini kita sedang upayakan pembelian alat untuk mendeteksi jenis varian Covid-19 dan diharapkan alatnya sudah sampai di RSUD Tarutung dalam waktu dua tiga hari ini. Seperti instruksi Bapak Presiden, yang ringan bisa diisolasi mandiri atau isolasi terpusat, jadi saya minta kepada semua Camat dan Kepala Desa dibantu oleh bapak Kapolsek, Denramil, Babinsa, Bhabinkamtibmas untuk segera menentukan lokasi di Kecamatan atau di Desa untuk isoter karena kita tidak tahu lonjakan ini seperti apa,” tutur Bupati Nikson Nababan.
Mungkin gambar 11 orang, orang berdiri dan dalam ruangan
“Di Kabupaten Tapanuli Utara kita akan mencoba mendirikan perumahan yang saat ini dalam tahap finishing, yang hari ini akan ditinjau oleh Muspida, perumahan dan asrama perawat di RSUD Tarutung akan kita gunakan juga menjadi isoter khusus gejala ringan, sementara untuk gejala sedang dan kritis, wajib isolasi di Rumah Sakit Tarutung dan Rumah Sakit Siloam di Siborongborong, Camat Siborongborong perlu disampaikan juga kepada Rumah Sakit St. Lucia bahwa yang boleh dirawat di sana adalah yang gejala ringan,” tambah Bupati Taput.
Dikesempatan itu, Bupati Nikson Nababan juga menyatakan bahwa akan disiapkan beberapa hotel yang berada di Kabupaten Tapanuli Utara yang bisa menampung jika terjadi lonjakan yang tidak terkendali dalam masalah Omicron.
“Bagi para Camat mari kita kontrol kegiatan masyarakat secara massive tetapi tetap memberikan kenyamanan, jangan sampai panik dan jangan sampai berhenti kegiatan ekonomi masyarakat. Dan bagi perantau yang datang ke Tapanuli Utara harus betul-betul diawasi. Kemudian saya harapkan percepatan vaksin Booster di semua kecamatan terutama yang bekerja melayani masyarakat termasuk pelabuhan-pelabuhan yang ada di Muara dan bandara di Siborongborong,” tegas Bupati Nikson Nababan.
Mungkin gambar 11 orang, orang berdiri dan orang duduk
Menutup arahannya Bupati menegaskan semangat kerjasama setiap elemen untuk berpartisipasi dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron dengan mematuhi prokes mulai dari mencuci tangan, jaga jarak dan terutama menggunakan masker.