Bupati Tapanuli Utara Dukung Pemilu Damai, Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Laksanakan Tugas Sesuai Tufoksi .


Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Bahal Simanjuntak bersama Kajari Taput Donny K. Ritonga, Kapolres Taput AKBP Ernis Sitinjak, Danramil 0210/TU Kapten Inf. Joni Lumbantoruan diwakili Danramil Tarutung, Komisioner KPUD Taput Darwin Manullang, Bawaslu Taput David Lumbantobing menghadiri kegiatan Doa Bersama mewujudkan Pemilu Damai di Wilayah Kabupaten Tapanuli Utara bertempat di Kantor Kejari Taput, Jl. Mayjen. J. Samosir, Tarutung. (Senin, 5 Februari 2024).
Kegiatan ini diprakarsai oleh Kejari Taput yang dirangkai dengan kegiatan 'Jaksa Menyapa'.
Kajari Tapanuli Utara Donny K. Ritonga menyampaikan bahwa pemilu merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa dan mengajak peserta doa bersama untuk berpartisipasi mewujudkan pemilu damai.
"Moment Pemilu merupakan proses pembelajaran dalam pendewasaan berdemokrasi. Kita semua sependapat bahwa pemilu damai merupakan cita-cita kita bersama. 'Dalihan na tolu' sebagai warisan budaya yang harus kita pertahankan, filosofi ini dapat kita terapkan dalam kolaborasi seluruh komponen mewujudkan pemilu damai di wilayah Tapanuli Utara."
"Kita boleh berbeda pilihan dalam pesta demokrasi tahun ini, tapi bukan menjadikan kita tercerai-berai. Semoga pemilu berjalan damai, tercapai kedewasaan dalam berdemokrasi sehingga indonesia semakin maju. " harap diakhir sambutan Donny K. Ritonga.
Selanjutnya, sambutan Bupati Tapanuli Utara yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Bahal Simanjuntak mengapresiasi kegiatan doa bersama mewujudkan pemilu damai di wilayahnya Kabupaten Tapanuli Utara dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing sesuai ketentuan agar pemilu tanggal 14 Februari 2024 dapat berjalan dengan lancar.
"Bapak Bupati Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si sangat mengapresiasi penyelenggaraan Doa Bersama yang difasilitasi oleh Kejari Tapanuli Utara ini. Kegiatan seperti ini sangat penting dan layak dicontoh," ucap Bahal Simanjuntak.
"Kami mengajak seluruh elemen Masyarakat terutama tokoh Agama, tokoh Adat dan tokoh pemuda untuk berperan aktif menjaga kekondusifan pelaksanaan pemilu 2024 ini. Penyelenggara pemilu agar melaksanakan tugas sebaik mungkin sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Kami juga mengajak masyarakat untuk tidak terprovokasi atas informasi yang belum tentu kebenarannya. Jika ada permasalahan di lapangan, segera koordinasi dengan KPU, TNI-POLRI dan Bawaslu." tambah Bahal Simanjuntak.
Perwakilan tokoh agama yang hadir pada kesempatan tersebut, antara lain Protestan, Katolik, Islam dan Budha terlebih dahulu menyampaikan ceramah berupa ajakan untuk turut serta memilih pada TPS dan untuk selalu menjaga kedamaian, kemudian dilanjutkan dengan doa bersama lintas agama.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kaban Kesbangpol Taput Toni Simangungsong, Kasatpol-PP Taput Rudi Sitorus, Sekretaris KPUD Taput Erifan Manullang, para Pengurus Partai Politik yang ada di Taput, tokoh Agama dan tokoh Adat LADN.