Bupati Taput Dorong Desa Horison Ranggitgit jadi Desa Wisata Andaliman.


Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Sekretaris Daerah Indra S.H Simaremare, M. Si, Anggota DPRD Ombun Simanjuntak, beberapa pimpinan OPD, Camat dan para Kepala Desa Kecamatan Parmonangan melaksanakan kunjungan kerja ke Dusun Sampinur Desa Ranggitgit Kecamatan Parmonangan. (Minggu, 31/07/2022).
Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati Nikson Nababan menyampaikan apresiasi atas sambutan dan dukungan masyarakat Desa Ranggitgit.
"Terima kasih atas sambutan yang luar biasa, saya bersyukur bisa mewujudkan secara bertahap kebutuhan penduduk khususnya akses jalan yang sudah di hotmix. Saya harap bantuan doa dan dukungan para masyarakat Taput khususnya Desa Ranggitgit Dusun Sampinur agar saya dan para pimpinan OPD bisa mewujudkan visi misi Pemkab Taput," ujar Bupati mengawali.
"Semoga kita dapat mewujudkan Desa Wisata Andaliman di Desa Ranggitgit ini.
Desa Ranggitgit adalah Desa penghasil Andaliman kualitas terbaik. 'Andaliman' andalkan iman! Besok pagi akan diadakan pelatihan pembuatan pupuk organik oleh Tim Terpadu Percepatan Pembangunan di tempat ini, selanjutnya akan meninjau langsung ladang Andaliman yang ada di desa ini. Saya harap warga Desa Ranggitgit khususnya petani untuk hadir mengikuti pelatihan tersebut agar kedepannya masyarakat Horison Ranggitgit secara umum tidak lagi kesulitan dalam kebutuhan pupukny," ujar Bupati mengakhiri.
Pada kesempatan yang sama, Plt. Kepala Desa Horison Ranggitgi Gok Maruhum Simamora menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas pembangunan di Desa Ranggitgit.
"Kami bersyukur bisa berkumpul bersama Bupati yang sangat kami banggakan di tempat kami yang terpencil ini. Kami berterima kasih atas pembangunan yang sudah bapak wujudkan, sudah buka jalan dari Sampinur menuju Hutajulu.
Kami sangat bersukacita atas perjuangan Bapak memenuhi kebutuhan kami. Kedepannya kami masih berharap pembangunan jalan selanjutnya agar akses kami ke Tarutung lebih lancar lagi," ujar Gok Maruhum Simamora.
Selanjutnya Tokoh Masyarakat Bapak Japer Manalu juga mengungkapkan rasa terima kasih dan dukungan terhadap visi dan misi Kabupaten Tapanuli Utara.
"Terima kasih Bapak Bupati yang kami banggakan atas kunjungan Bapak dan para rombongan ke Dusun kami yang terpencil ini karena seumur hidup saya yang 70 tahun ini belum pernah melihat Bupati datang bahkan menginap di dusun kami ini. Setelah Bupati Nikson Nababan akhirnya jalan di dusun kami ini sudah di hotmix. Bapak Bupati, kami masih mengharapkan program Bedah rumah di dusun 3 Sampinur semoga Bapak Bupati berkenan memenuhi permohonan kami. Kami akan bergandengan tangan mendukung Bapak dalam mewujudkan semua program Bapak demi kemajuan pembangunan Tapanuli Utara," ujar Japer Manalu.
Dalam kesempatan tersebut, masyarakat menyampaikan proposal pembangunan kepada Bupati, adapun permohonan yang diajukan antara lain bantuan Traktor (alat berat), Poskedes dusun 3 dolok nauli, permohonan pembangunan PAUD, tembok penahan tanah, Pembukaan jalan usaha tani, perkerasan jalan di dusun 3 Sampinur menuju desa Hutajulu, hand traktor oleh kelompok tani dosroha, MCK, air minum dan perbaikan jembatan.
Dalam kegiatan tersebut Bupati memberikan bantuan kepada warga Dusun Sampinur, antara lain pemberian bantuan Buku Tulis dari Dinas Pendidikan, bantuan susu kepada lansia dari Dinas Kesehatan, bantuan pupuk organik cair dari tim terpadu percepatan pembangunan, bantuan benih jagung secara simbolis kepada Kelompok Tani dari Dinas Pertanian, dan alat-alat olahraga untuk Karang Taruna dari Dinas Pemuda dan Olahraga
Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Pengobatan gratis melalui UPT Puskesmas Aek Raja berupa pemeriksaan gula, kolesterol dan asam urat dan total pasiennya sekitar 200 orang dari Desa Horison Ranggitgit.