Bupati Taput Hadiri Kampanye #jagaruangsiber


Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si hadiri Kampanye Literasi #jagaruangsiber yang diselenggarakan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai upaya untuk mewujudkan kesadaran keamanan siber dan sandi pada masyarakat. Turut hadir Kepala Badan Siber dan Sandi Negara, Bapak Letjen Tni (Purn) Hinsa Siburian yang merupakan putra daerah Tapanuli Utara. Bertempat di Gedung Sopo Partungkoan, Rabu (25/10/2023).
Adapun peserta yang menghadiri acara tersebut adalah siswa dan guru SMAN 1 Tarutung SMAN 2 Tarutung SMAN 3 Tarutung SMA St. Maria SMAS HKBP 1 Tarutung dan SMAS HKBP 2 Tarutung.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Taput Nikson Nababan memberikan sambutan.
“Saya sangat mengapresiasi kegiatan kampanye literasi #jagaruangsiber yang dilaksanakan BSSN pada kesempatan ini. Ini merupakan suatu langkah strategis dalam memberikan pemahaman kepada generasi muda dan juga sekaligus membuka kesadaran masyarakat untuk bijak dalam dunia siber atau media sosial. Literasi keamanan siber dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan keamanan informasi, untuk melindungi data pribadi serta berlaku bijak di ruang siber,"ujar Bupati.
Selanjutnya Bupati Nikson Nababan mengatakan “Sebagaimana maraknya cyberbullying di lingungan sekolah yaitu membagikan informasi pribadi yang memalukan atau menyebarluaskan aib seseorang di internet, membuat dan mengunggah konten yang mempermalukan orang lain, Menyebarkan rumor atau gosip untuk merusak reputasi seseorang dan mengujar kebencian”
“Saya harapkan kampanye literasi #jagaruangsiber ini dapat
Mengedukasi generasi milenial agar dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara baik dan benar termasuk mengetahui hal-hal serta dampak yang ditimbulkan ketika menyalahgunakan sistem.
Meningkatkan pemahaman seseorang dalam mengambil kesimpulan dari informasi yang diterima menjadi lebih baik," tambah Bupati.
“Membantu untuk bepikir secara kritis dengan tidak mudah cepat bereaksi.
Mudah-mudahan kampanye literasi #jagaruangsiber bisa memberikan edukasi kepada generasi milenial agar cakap menggunakan media sosial dan selalu mengunggah hal-hal positif. Demikian beberapa hal yang dapat disampaikan, dan akhir kata dengan mengucapkan puji dan syukur kehadapan tuhan, kiranya kegiatan ini berjalan dengan lancar,” tutup Bupati.
Hadir memberikan keynote speech dalam kegiatan tersebut, Kepala BSSN Hinsa Siburian yang menjelaskan mengenai seluk beluk, potensi, dan ancaman yang ada di ruang siber dihadapan para peserta.
“Semakin tinggi pemanfaatan TIK maka semakin tinggi pula ancaman yang menyertai. Generasi mileneal harus menyadari benar bahaya yang mengancam dibalik penggunaan gawai saat mengakses ranah siber. Ancaman siber bahkan dapat membahayakan kepentingan bangsa. Berbagai hal itulah yang mendasari BSSN menggelar program literasi budaya keamanan siber,” ungkap Hinsa.
Hinsa menyebut berbagai nilai, adat, budaya berbangsa dan bernegara harus tetap dipelihara dan diaplikasikan ketika berselancar di dunia siber. Hinsa juga menyebut Gerakan Nasional #JagaRuangSiber diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran dan kepedulian generasi muda Indonesia terhadap keamanan siber, serta untuk membiasakan masyarakat khususnya buat generasi milenial dalam bersikap serta bertingkah laku yang baik ketika berselancar di ruang siber.
Kepala BSSN memberikan movitasi kepada para siswa untuk terus fokus belajar menggapai cita-cita dengan memanfaatkan peluang di ruang siber. Sektor pendidikan harus mampu mencetak talenta digital sebagai sumber daya manusia (SDM) profesional yang adaptif dan inovatif dan berkarakter Pancasila untuk turut serta mewujudkan ekosistem ruang siber yang aman.
“Saya mengajak seluruh generasi muda Indonesia untuk terus meningkatkan iman dan ketakwaan dengan tetap memelihara rasa cinta tanah air, menerapkan nilai solidaritas, persatuan, dan nasionalisme dalam menjaga kedaulatan ruang siber nasional. Caranya adalah dengan belajar tekun sehingga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” ungkap Hinsa.
Tampak hadir Forkopimda Tapanuli Utara, Kadis Kominfo Taput Hendrik Taruna dan Kadis Pendidikan Taput Bontor Hutasoit.