Bupati Taput Hadiri Pengukuhan Majelis Pembimbing Gugus Depan, SMP,SMA,SMK se-Tapanuli Utara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tapanuli Utara


Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tapanuli Utara bersama Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Kabupaten Tapanuli Utara AKBP Johansen Sianturi S.I.K,MH, didampingi Asisten Bupati bidang Administrasi Umum Binhot Aritonang, Kadispora Taput Marco Panggabean dan Kadis Pendidikan Bontor Hutasoit hadiri Pengukuhan Majelis Pembimbing Gugus Depan, SMP,SMA,SMK se-Tapanuli Utara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tapanuli Utara Tahun 2023. Bertempat di Gedung Sopo Partungkoan Tarutung, Jumat (24/11/2023).
Peserta gugus depan se-Kabupaten Tapanuli Utara dilantik langsung oleh Kapolres Tapanuli Utara sekaligus Ketua Kwartir Cabang (Ka Kwarcab) Kabupaten Tapanuli Utara AKBP Johansen Sianturi S.I.K,MH.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Taput Nikson Nababan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Tapanuli Utara menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan gugus depan, beliau mengharapkan semoga menjadi Amanah dan panutan kepada siswa siswi Pramuka.
“Kita ketahui bersama bahwa tantangan dan kondisi permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta berbagai pihak termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini sesuai dengan Satya Pramuka Kedua yang berbunyi “Menolong sesama, hidup dan mempersiapkan diri membangun Masyarakat”. Untuk itu perlu Upaya untuk meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan kwartir cabang yang sistematis, terencana dan berkelanjutan,” ujar Bupati mengawali
“Saya berharap pelantikan ini merupakan Upaya memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya yang mampu membangkitkan Kembali gairah kegiatan kepramukaan di gugus depan di Tapanuli Utara. Melalui dedikasi dan perjuangan kakak-kakak semua segala bentuk tantangan, hambatan dan rintangan akan dapat terselesaikan dengan baik, Gerakan pramuka adalah solusi Pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian serta berbudi pekerti luhur, sehingga pemuda yang berjiwa nasional akan terwujud” tambah Bupati.
“Saya titipkan kepada Bapak Kapolres selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tapanuli Utara atas Gerakan tumbuh dan berkembangnya pramuka di Tapanuli Utara. Marilah kita semua saling mendukung dan menguatkan untuk bekerja membangun generasi muda khususnya di Tapanuli Utara.” Tutup Bupati.
Sementara itu Kapolres Tapanuli Utara menyampaikan amanat kepada seluruh gugus depan se-Kabupaten Tapanuli Utara yang sudah dilantik, beliau mengucapkan selamat dan sukses dan menyampaikan harapannya agar para gugus depan tersebut senantiasa mengemban jabatan dengan penuh rasa tanggung jawab, para gugus depan agar tetap menjadi teladan untuk mendidik para siswa siswi pramuka sebagai generasi bangsa
Beliau juga menekankan kepada seluruh gugus depan dan peserta lainnya agar senantiasa membantu kinerja kepolisian dalam memberantas Narkoba di Kabupaten Tapanuli Utara.
Adapun Pengurus/ Panitia Majelis Pembimbing Gugus Depan (Gusdep) , SMP,SMA,SMK se-Tapanuli Utara Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tapanuli Utara terdiri dari 79 Gusdep di SMP, 32 Gusdep di SMA, 21 Gusdep di SMK dan 1 Gusdep di SLB.