Bupati Taput Launching Bantuan Sosial Tunai Kemensos RI.


Bupati: "Ada baiknya bantuan ini bisa disisihkan sebagai modal bertani maupun beternak atau modal kerja lainnya."

Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si didampingi Wakapolres Taput Mukmin Rambe dan beberapa pimpinan OPD besama Kepala Kantor Pos Nia Angriani Pardede hadiri penyaluran perdana Bantuan Sosial Tunai Kementerian Sosial RI, bertempat di Kantor Pos Tarutung, jalan Sisingamangaraja - Tarutung (Sabtu, 09/05/2020).

"Ada baiknya bantuan ini bisa disisihkan sebagai modal bertani maupun beternak atau modal kerja lainnya, sehingga nantinya bisa memberikan hasil yang lebih maksimal dan berkelanjutan. Semoga bantuan dari Kementerian Sosial ini dipergunakan sebaik-baiknya agar mampu mengurangi beban hidup masyarakat, karena Virus Corona ini sungguh suatu bencana dunia yang tidak bisa diperkirakan kapan berakhir," ucap Bupati.

"Terimakasih atas perhatian Bapak Presiden Jokowi terhadap penderitaan masyarakatnya. Terimakasih juga kepada Bapak Menteri Sosial Juliari Peter Batubara yang telah menyetujui permohonan kita untuk menambah kuota PKM di Tapanuli Utara hingga meningkat seperti saat ini," tambah Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga berharap agar masyarakat yang belum menerima bantuan tetap bersabar karena semua yang layak pasti diberikan bantuan baik itu melalui Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten maupun Dana Desa.

"Bagi masyarakat lainnya diluar penerima BST ini agar tetap bersabar karena kita tetap upayakan untuk dibantu. Bagi masyarakat yang layak dibantu tetapi belum menerima bantuan apapun, silahkan mendaftarkan diri ke Kepala Desa masing-masing karena data-data penerima bantuan nanti akan informasikan secara terbuka," jelas Bupati.

Bupati juga berpesan agar pihak PT. POS mampu menyalurkan bantuan ini dengan cepat tanpa kendala dengan melibatkan Kepolisian dan juga melakukan pemetaan penyaluran BST ini. "Saya yakin pihak PT Pos mampu melakukan yang terbaik hingga Keluarga Penerima Manfaat di desa pun bisa merasakan bantuan ini dengan cepat."

 

Usai penyerahan BST secara simbolis, Bupati juga meninjau penyaluran pada loket yang telah disediakan dan berpesan agar para warga tetap memperhatika. himbaun pemerintah seperti jaga jarak dan wajin pakai masker.

Perwakilan masyarakat KPM mengucapkan terimakasih atas Program Bapak Presiden Jokowi, Menteri Sosial dan pihak Kantor Pos serta upaya Bupati Tapanuli Utara untuk mempercepat realisasi penyaluran BST ini.

Dalam laporan Kadis Sosial Irwan Hutabarat menjelaskan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk Kabupaten Tapanuli Utara sebanyak 22.172 KK. "Besaran BST ini adalah 600.00/bulan yang akan diberikan selama 3 bulan yaitu April, Mei dan Juni," ucap Kadus Sosial.

Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Tarutung Nia Angriani Pardede mengatakan bahwa pelaksanaan penyaluran hari ini dikhususkan bagi 391 warga dari Kecamatan Siatas Barita, selanjutnya akan disusul kecamatan lainnya.