Bupati Taput Menghadiri dan Buka Secara Resmi Pra Kongres Kebudayaan Batak Toba.


Bupati Tapanuli Utara Drs.Nikson Nababan, M.Si didampingi beberapa Pimpinan Perangkat daerah hadir dalam Pra Kongres Kebudayaan Batak Toba yang terlaksana di IAKN Tarutung (Sabtu, 06/08/2022).

Pra Kongres Kebudayaan Batak Toba ini juga dihadiri Rektor IAKN Tarutung Prof.Dr.Ir.Albiner Siagian, M.Si, Dekan FIB USU yang diwakili Ketua Prodi Sastra Batak USU Drs.Jekmen Sinulingga, M.Hum dan Ketua Panitia Kongres Kebudayaan Batak Toba Prof.Dr.Robert Sibarani, M.Si.

Bupati Taput Nikson Nababan dalam mengawali sambutannya menyampaikan turut mengapresiasi dan berterimakasih karena sudah di undang hadir dalam acara tersebut.

"Terima kasih telah memberikan waktu kepada saya untuk hadir di Pra Kongres Kebudayaan Batak Toba ini. Kebudayaan Batak Toba merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan sehari-hari, secara khusus kita bangsa batak, dimana kita diikat oleh Bahasa dan adat istiadat Batak yang sudah melekat di suku batak ," ucap Bupati mengawali.

"Orang batak toba juga tidak terlepas dengan Batak yang ada di Silindung, Humbang yang mungkin ada perbedaan dari aspek adat istiadat. Tetapi ini tidak menjadi penghalang bagi bangsa batak untuk dapat saling memahami karena inilah menjadi memperat persaudaraan orang batak yang didukung dengan Bahasa Batak yang menjadi salah satu," tambah Bupati Taput.

"Secara resmi saya buka kongres Pra Kebudayaan Batak Toba. Semoga kegiatan yang akan dilakukan hari ini lancar sampai akhir acara," ucap Nikson Nababan menutup sambutannya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Pra Kongres Kebudayaan Batak Toba Prof.Dr.Robert Sibarani, M.Si menyampaikan Terima kasih untuk kehadiran Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan di Kegiatan Pra Kongres Kebudayaan Batak Toba.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Bupati bapak Nikson Nababan yang sudah hadir pada hari ini. Dikesempatan ini saya menyampaikan bahwa dalam rangka mematangkan bahan bahan persentase kongres hari ini, Pra Kongres yg dilakukan hari ini merupakan salah satu rangkaian Kongres Kebudayaan Batak Toba yang akan diselenggarakan nanti pada tanggal 20 - 22 Oktober 2022 di TB Silalahi Centre Balige Kabupaten Toba," ucap Prof.Dr.Robert Sibarani, M.Si.