Bupati Taput Sambut Kunjungan Kerja Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKKP-RI) di Tapanuli Utara


Kunjungan kerja Kepala LKPP -RI Sebagai Dukungan Kepada Pelaku Pengadaan Dan UMKM Memasuki Era Digitalisasi
Bupati Tapanuli Utara Dr. Drs. Nikson Nababan, M.Si didampingi Forkopimda Taput, Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Para Star Ahli Bupati,Para Asisten Bupati dan Pimpinan OPD Kabupaten Tapanuli Utara menyambut kunjungan kerja Kerja Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKKP-RI) Kepala LKPP RI Dr. H. Hendrar Prihadi, SE, MM di Tapanuli Utara bertempat di Sopo Partungkoan, Kamis (07/12/2023).
Turut Hadir Direktur Sistem Pengadaan Digital LKPP-RI Patria Susantosa dan Mewakili Komisi XI Anggota DPR RI Dr. Sihar P H.Sitorus, BSBA, M.B.A
Dalam kesempatan tersebut Kepala LKPP RI Dr. H. Hendrar Prihadi, SE, MM memberikan arahan dan bimbingannya. Kepala LKPP RI memberikan paparan antara lain tentang “Memaknai Ekonomi Berdikari”sebagai strategi mewujudkan cita-cita kemerdekaan Negara Indonesia, Beliau menjelaskan bahwa salah satu kunci kemandirian ekonomi adalah mendorong produk dalam negeri menjadi raja di negeri sendiri, inovasi pengadaan melalui e-Katalag untuk lebih mudah dalam pemilihan produk dalam negeri dan UMK-Koperasi.
“Terima kasih Bupati Nikson Nababan sahabat saya yang juga salah satu kepala daerah terbaik di Republik Indonesia atas undangannya. Tapanuli Utara beruntung mempunyai Bupati seperti Mas Nikson karena komitmennya yang sangat luar biasa. Saya juga sangat surprise, ini kali pertama saya ke Tapanuli Utara, saya bisa liat Danau Toba yang indah, dan tadi pagi saya diajak ke tempat wisata Air Soda, menurut saya air soda tempat wisata terkeren di dunia karena airnya sodanya,” tuturnya.
Hari ini saya datang untuk memberi motivasi kepada semua yang hadir di sini. Pengadaan barang dan jasa menjadi salah satu nilai yang sangat penting buat Republik. Mari kita Kelola barang dan jasa yang ada dilingkungan kita, memulai dari diri kita untuk membuat wilayah kita, Republik kita menjadi lebih baik dan lebih maju. Orang sering kali merasa bangga dengan produk-produk luar negeri, mereka kemudian lupa bahwa kekuatan ekonomi mandiri itu adalah menggunakan produk dalam negeri sendiri, pada kesempatan yang baik ini bapak ibu warga Tapanuli Utara sekalian mari kita terus semangat pantang menyerah kita buat ekonomi di Republik ini lebih baik dan lebih maju dengan catatan Anda harus manut dan patuh kepada pimpinan yaitu Bupati Nikson Nababan karena sudah terbukti dan teruji hampir 10 tahun bersama telah membuat angka Ekonomi di Tapanuli Utara ini semakin baik dan semakin maju” ungkapnya.
Dikesemtaan sebelumnya Bupati Taput Nikson Nababan memberikan sambutannya.
“Puji Syukur disuasana Natal di penghujung tahun ini Bapak Kepala LKPP RI bisa hadir atas undangan kami di Tapanuli Utara. Selamat datang Bapak, sungguh dikesempatan ini bisa kita diskusikan banyak hal kepada semua pemangku kepentingan yang ada di Tapanuli Utara, bagaimana pelaksanaan e-Catalog yang baik dan benar agar tidak menyalahi prosuder. Dan saat ini perkembangan UMKM di Taput sangat luar biasa dulu masih ratusan dan saat ini sudah ribuan UMKM yang berdiri di Taput ini, dimana Pemda Taput turut memfasilitasi dengan memberikan bantuan dan sertifikasi,” ujar Bupati mengawali.
“Pengadaan barang/jasa pemerintah saat ini tidak sekadar mencari harga termurah dari penyedia. Pengadaan barang/jasa saat ini diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, dan penyedia (value for money). Artinya setiap rupiah yang dibelanjakan harus mampu memberikan nilai tambah bagi pencapaian kebutuhan barang/jasa. Dalam rangka mewujudkan value for money maka perencanaan pengadaan memegang peranan yang sangat penting karena proses pengadaan yang tidak direncanakan dengan baik akan berakhir pada permasalahan hukum dan berpotensi menjadi temuan auditor,” tambah Bupati.
“Ke depan, kita akan terus melaksankaan seluruh pengadaan barang/jasa secara elektronik yang transparan dan akuntabel. Hal ini bertujuan untuk untuk meningkatkan efisiensi biaya dan efektifitas proses pengadaan, membuka kesempatan yang lebih luas dan merata ke seluruh penyedia, bersaing memberikan harga barang/ jasa yang wajar dan terbaik, mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya.
Mungkin dalam kesempatan ini akan ada diskusi tanya jawab, semoga acara ini dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. Teruslah bersemangat dan bekerja sama,” tutup Bupati.
Dalam laporannya Kabag Pengadaan Barang/Jasa Afrinton Siregar mengatakan Jumlah peserta kurang lebih 420 orang orang adalah para bapak/ibu pelaku pengadaan barang/jasa pada unit kerja masing-masing. Peserta yang hadir antara lain Pimpinan Perangkat Daerah Se-Kabupaten Tapanuli Utara Para Kepala Bagian Setdakab Tapanuli Utara Para Camat Se-Kabupaten Tapanuli Utara Para Lurah Se-Kabupaten Tapanuli Utara PA/KPA/PPK/Pokja Pemilihan/Pejabat Pengadaan/Pptk Ketua Kadin Kabupaten Tapanuli Utara dan Pelaku Usaha / UMKM di Tapanuli Utara. Dan jumlah transaksi E katalog lokal tahun 2023 sebesar 3,9 milliar naik dari tahun 2022 sebesar 832 jt.
Selanjutnya rangkaian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan narasumber Direktur Sistem Pengadaan Digital LKPP-RI Patria Susantosa, lalu ditutup dengan pemberian Cendramata hasil dari UMKM Tapanuli Utara dan foto bersama, kemudian kunjungan ke Galeri UMKM dan makan siang bersama sebelum Kepala LKPP RI dan rombongan bertolak ke Bandara Silangit.