Bupati Taput Serahkan Bantuan Atensi Modal Usaha Kewirausahaan dan Alat Bantu Khusus Penyandang Disabilitas.


Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si didampingi Kadis Sosial Rahman Situmeang, Kadis Lingkungan Hidup Heber Tambunan Kabag Prokopim Sasma Situmorang menyerahkan Bantuan Atensi Modal Usaha Kewirausahaan Kebutuhan Dasar dan Alat Bantu Khusus Penyandang Disabilitas dari Kementrian Sosial Melalui Balai Besar Soeharsono Surakarta, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, (Jumat, 15/10/2021).
Penerima bantuan merupakan para penyandang disabilitas sebagai modal usaha berupa gula dan minyak, modal usaha pertanian berupa pupuk, knapsack sprayer dan beko.
Dalam kesempatan itu Bupati Taput memberikan paparannya8
"Kami mengucapkan Terima Kasih banyak kepada Menteri Sosial Ibu Risma atas perhatian serta bantuannya dan kami juga berharap bantuan tahap berikutnya dapat terealisasi dalam waktu dekat", ujar Bupati mengawali.
"Harapan saya, bantuan yang diberikan saat ini dipergunakan sebaik mungkin dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama yang berkebutuhan khusus. Bagi saudara kita yang belum menerima bantuan mohon bersabar karena sesuai dengan yang sudah kita usulkan masih ada tahap selanjutnya, pasti kita perjuangkan," ujar Bupati mengakhiri.
Usai arahannya, Bupati menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis.
Dikesempatan sebelumnya, Kepala Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik Prof. DR. Soeharso Surakarta Juena Sitepu menyatakan siap mendukung program Bupati Taput dalam peningkatan kesejahteraan dan berharap agar sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah tetap berjalan baik.
"Semoga bantuan ini bermafaat di masyarakat, bisa meningkatkan kesejahteraan. Ini masih bantuan tahap awal, selanjutnya akan segera menyusul. Semoga kerjasama ini semakin baik supaya semakin banyak yang bisa kita bantu. Pak Bupati, kami siap membantu sesuai usulan Bapak," ujar Juena Sitepu.
Dalam kesempatan tersebut, Kadis Sosial menjelaskan bahwa bantuan yang diterima saat ini merupakan tindak lanjut atas usulan Bapak Bupati Drs. Nikson Nababan M.Si ke Kementerian Sosial
Usulan yang dikirimkan sudah 3 tahap
Pertama, 35 assessment, kedua 101 assessment dan ketiga 92 assessment Seluruhnya 228 assessment.
Hari ini yang diserahkan sebanyak 35 assessment kepada 28 Pemerlu pelayanan kesejahteraan Sosial (PPKS).
Besaran bantuan yang diterima masing-masing PPKS antara senilai 300.000 Rupiah sampai dengan 3.500.000 Rupiah.