Bupati Taput Tinjau 16 Posko Desa Penanganan Penyebaran Covid-19 Kecamatan Tarutung.


Bupati: Jangan ada oknum yang minta dana dengan mengatasnamakan posko untuk kepentingan pribadi.

Bupati Tapanuli Utara Drs.Nikson Nababan, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Indra Sahat Simaremare meninjau sekaligus distribusikan bantuan logistik ke Posko Desa penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Tarutung, Tarutung (Sabtu, 18/04/3020).

Pada Road Show dari posko ke posko kali ini, Bupati menggunakan kendaraan roda dua yang didampingi Kadis Kesehatan Alexander Gultom, Direktur Rumah Sakit Tarutung Janri Nababan, Kasatpol PP Rudi Sitorus, Kadis PMD Doni Simamora, Kepala BPBD Bonggas Pasaribu dan Camat Tarutung Renhard Lumbantobing.

"Ini sungguh hal yang luar biasa karena adanya sinergi antara Pemerintah Daerah bersama Kepala Desa dan Kelurahan yang mendirikan posko secara gotong royong. Saya cek setiap posko SOP nya sudah baik dan saya apresiasi sistem posko yang melakukan pengecekan, pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap masyarakat yang keluar masuk dengan mencatat di buku daftar tamu. Apabila ada yang diduga dengan gejala covid agar segera dilaporkan oleh posko desa," ucap Bupati.

Pada setiap posko yang ditinjau, Bupati menyerahkan bantuan logistik berupa Masker, jahe, Indomie, kopi, bubuk teh, gula untuk setiap posko sekaligus menyemangati para relawan desa dan menghimbau para relawan untuk tidak melakukan pungli.

"Jangan ada oknum yang minta dana dengan mengatasnamakan posko padahal untuk kepentingan pribadi, tujuan peninjauan saya ini untuk memastikan tidak ada pungutan liar di posko desa, yang diperbolehkan apabila bantuan dengan suka rela tanpa meminta," tegas Bupati.

Bupati juga memberikan arahan kepada para relawan mengenai prosedur kerja dan juga kendala yang dihadapi. Bupati mengecek setiap kelengkapan APD setiap petugas posko dan hal hal yang dihadapi ketika berhadapan dengan masyarakat.

 

"Saya harapkan semua melakukan pekerjaan ini dengan kerelaan dan kesadaran penuh untuk keselamatan kita semua sehingga bisa dilakukan pengecekan selama 24 jam secara bergantian. Ga perlu minum-minum tuak sambil nyanyi yang menimbulkan keresahan.
Terimakasih untuk relawan di posko posko yang menjaga siang dan malam demi keselamatan masyarakat Tapanuli Utara. Tetap jaga kesehatan, minumlah minuman sehat yang meningkatkan imun tubuh," tambah Bupati.

Rute perjalanan Bupati dari posko ke posko diawali dari Simpang jalan S.DIS Sitompul simaung-maung Dolok, Posko Simpang Sigompulon, Posko Simaung maung Pancuran Hutatoruan I, Posko Desa Aek Siansimun, Posko parbubu I Air Soda, Posko Desa Hutatoruan IV, Posko Sutan Sumurung L Tobing Saitnihuta, Posko Desa Sosunggulon Simpang Bondar sibabiat, Posko Desa Parbaju Toruan dan Posko Desa Hapoltahan, Posko Kelurahan Partali Toruan Simpang Kejaksaan, Posko Desa Partali Julu simpang perumnas Barat Indah Permai, Posko desa Parbaju Julu Jembatan Aek sipollas, Posko Parbaju Julu di belakang kantor PU dan Posko Bersama Kenegerian Siwaluompu di jalan Putri Lopian.
Peninjauan diakhiri di dapur Umum dan posko di Desa Siraja Oloan.

Pada dapur Umum yang difasilitasi Polres Tapanuli Utara ini, Bupati yang juga didampingi Kapolsek menyerahkan bantuan makanan kepada warga yang layak menerima dan membagikan masker.