Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2023


Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2023 yang di hadiri oleh Kadis Pengendalian Penduduk Taput, Kadis DPPKBP3A Taput, Camat Se-Kabupaten Tapanuli Utara, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX, dan Wakil Kepala Sekolah SMA N2 Tarutung. Bertempat di Sopo Partungkoan Kecamatan Tarutung. (Jumat, 24/11/2023).
Pemilihan Duta GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia. Dengan melalui genre remaja diberikan pemahaman kehidupan dengan menerapkan lima trasnsisi kehidupan remaja diantaranya menerapkan pola hidup sehat, melanjutkan pendidikan, bekerja, membagun keluarga dan berpartisipasi dalam lingkungan masyarakat. Genre adalah program yang dikembangkan oleh badan kependudukan dan keluarga berencana nasional (bkkbn) dengan kelompok sasaran program yaitu remaja yang berusia 14 -22 tahun tapi belum menikah. Mahasiswa/mahasiswi yang belum menikah. Dalam upaya menekan angka pernikahan dini, pra nikah dan napza.
Duta GenRe yang bertujuan untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi para remaja dalam hal jenjang pendidikan yang terencana.Berkarir dalam pekerjaan yang terncana, menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi dan mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pranikah dan napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan.
Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Tapanuli Utara tahun 2023 ini adalah remaja-remaja dari Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara yang berusia 14 tahun sampai dengan 19 tahun, jumlah peserta pada pertemuan hari ini berjumlah 30 orang terdiri dari tarutung 2 orang, siatas barita 2 orang, sipoholon 2 orang, siborongborong 2 orang,
Adiankoting 2 orang, pagaran 2 orang, parmonangan 2 orang, muara 2 orang, pahae julu 2 orang, pahae jae 2 orang, purbatua 2 orang, simangumban 2 orang, sipahutar 2 orang, pangaribuan 4 orang.
Adapun Pemenang yang terpilih sebagai Berikut :
Pemenang Kategori Putra
Juara 1 putra: Gerald C.A Lumbantobing (SIPOHOLON) dengan nilai 178
Juara 2 putra : Andika Pratama Simorangkir ( Tarutung) dengan nilai : 176
Juara 3 putra: Raihan Auliya Siregar (simangumban) dengan nilai: 175
Juara Favorit putra: Ranto Arif G.Silaban(parmonangan) dengan nilai: 168
Pemenang Kategori Putri
Juara 1 putri : Chelsea Frederika Matondang(kec.Tarutung) dengan nilai : 180
Juara 2: Aulia Panggabean (kec. Simangumban) dengan nilai: 176
juara 3 : Nadia Gultom (PAHAE JAE)
Dengan nilai: 169
Juara favorit: Valencia Sianturi (MUARA)
Dengan nilai 163.