Hadiri Pengobatan Gratis di Puskesmas Siborong-borong, Ketua TP PKK Taput Harapkan Masyarakat Makin Sehat dan Religius.


Ketua TP. PKK Tapanuli Utara, Satika Simamora, SE, MM didampingi Kadis Kesehatan Sudirman Manurung, Camat Siborongborong Herianto P Nababan, Kepala UPT Puskesmas Siborongborong dr. Tiurma Sinaga serta Putri Otonomi Indonesia 2022 Gresita Siahaan menghadiri Gebyar Pengobatan Gratis di UPT Puskesmas Siborong-borong, Kecamatan Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara, (Kamis, 14/07/2022).
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB) Provinsi Sumatera Utara, bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara untuk melayani kesehatan masyarakat, seperti operasi bibir sumbing, sunatan massal, operasi katarak, dan pengobatan massal yang ditangani langsung para dokter spesialis yang dipimpin dr. Nafsir Pohan (Spesialis Bedah),
"Gebyar Pengobatan Gratis yang di Gagas Satgas BKB Sumut di Puskesmas Siborong-borong ini sangat baik dan banyak membawa manfaat bagi kesehatan masyarakat. Oleh karenanya, saya bangga atas inisiasi BKB dalam memprakarsai kegiatan ini dan tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Tapanuli Utara," ucap Satika Simamora dalam sambutannya.
Ketua TP.PKK juga berharap kegiatan seperti ini harus terus di laksanakan di desa-desa dan bukan hanya di Kecamatan Siborong-borong , akan tetapi hingga keseluruh desa yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara dan pengobatan gratis ini jangan hanya dibuat sekali saja namun berkelanjutan.
"Oleh karenanya, kita sebagai pelayanan masyarakat dapat hadir di tengah masyarakat untuk memastikan kesehatan mereka. Semoga kegiatan ini mendapat sambutan baik dari masyarakat sehingga apa yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara dapat terwujud termasuk masyarakat yanh sehat dan religius dapat terwujud," harap Satika Simamora.
Diakhir arahannya, Satika Simamora berpesan agar kita semua terus bekerja dengan tulus dan ikhlas karena menangani masalah kesehatan diperlukan kerjasama dan peran aktif dari berbagai unsur organisasi pemerintah dan non pemerintahan sembari mengucapkan rasa syukur dan terimah kasihnya kepada Gubernur Sumatera Utara dan Rombongan BKB Sumut.
"Kami berharap juga kepada BKB Sumut, agar nantinya mengunjungi daerah-daerah terpencil atau pelosok yang ada di Taput, seperti Garoga, sebab disana masih banyak yang harus di benahi karena fasilitas belum memadai dan yang pasti masyarakat disana akan lebih terbantu dari segi waktu dan materi," tutup Satika.
Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Utara Sudirman Manurung mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan yang kedua di Tapanuli Utara, yang pertama di kecamatan Siatas Barita.
"Kegiatan pengobatan gratis ini merupakan program dari BKB Sumatera Utara yang diusulkan melalui Dinas Kesehatan Tapanuli Utara diikuti warga yang berasal dari Kecamatan Siborong-borong, Sipahutar dan Muara. Hal Ini dilakukan sesuai dengan pengalaman ketika mendatangi ke rumah warga dan ingin tahu kondisi di masyarakat serta melihat kondisi kesehatan masyarakat yang tidak bisa datang ke Puskesmas," ucap Sudirman Manurung.
"Program ini akan kami laksanakan di setiap desa dan tidak hanya pengobatan di Puskesmas saja, namun saat ini kami juga ke desa dan dusun untuk melaksanakan pengobatan gratis kepada masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke Puskesmas. Kami juga akan langsung datang ke rumah masyarakat yang sakit melalui bidan desa. Jangan ragu untuk menyampaikan keluhan terkait kesehatan dan untuk datang berobat, kami akan memberikan pelayanan yang ramah dan maksimal untuk menuju Kabupaten Tapanuli Utara yang Maju Terus," tutup Sudirman.
Mewakili Satgas BKB, dr. Muhamad Natsir Pohan, SpB menjelaskan bahwa sasaran utama kegiatan adalah pelaksanaan sunat gratis, operasi bibir sumbing dan langit-langit, penyakit dalam dan lainnya. "Kegiatan ini adalah inovasi pelayanan yang digagas oleh Gubernur Sumatera Utara, Bapak Edy Rahmayadi yang untuk membantu mendekatkan akses layanan kepada masyarakat dengan mutu dan kualitas standart layanan yang sama," ucap Natsir.
Diakhir acara, Ketua TP. PKK Taput Satika Simamora bersama Kadis Kesehatan Taput Sudirman Manurung memberikan cinderamata berupa Stola kepada rombongan dari BKB Sumut, dan juga bingkisan kepada pasien berupa susu, biskuit dan sarung serta bantuan transportasi.