Ketua Dekranasda Taput Harapkan Peningkatan Kualitas Tenun Ulos pada Penyerahan Bantuan Benang Kepada 1.565 Petenun.


Ketua Dewan Kerajinan Daerah Tapanuli Utara Satika Simamora SE, MM didampingi Wakil Ketua Marsaulina Lumbantobing menyerahkan bantuan benang kepada 1.565 petenun ulos, bertempat di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Tarutung (Senin, 14/12/2020).

Sebanyak 210 orang petenun berasal dari 3 kecamatan yaitu Tarutung, Siatas Barita dan Sipoholon yang hadir pada kesempatan tersebut menerima bantuan masing-masing 1 Kg benang.

"Kebanggan tersendiri bahwa ulos tenun karya Tapanuli Utara benar-benar dengan kualitas terbaik adanya, kualitas terbaik akan dihargai dengan nilai terbaik. Karya tenun ulos kita sangat membanggakan karena layak dipertandingkan. Ciptakan tenunan ulos dengan kualitas terbaik dan nyaman, raih kepercayaan para konsumen. Mari kembangkan kreatifitas, terus gali pengetahuan salah satunya adalah menggunakan pewarna alam karena lebih murah, sehat dan nyaman. Mari kita kurangi menggunakan kimia. Tetap pikirkan kesehatan jangka panjang, usaha UKM ini harus penuh dengan perencanaan matang," awal arahan Ketua Dekranasda.

Ketua Dekranasda yang juga sebagai selaku istri Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si berpesan agar para petenun turut mempromosikan tenun ulos dan juga mendoakan seluruh Pemerintah Pusat hingga Daerah agar semakin bijaksana dalam memimpin.

"Petenun juga harus turut mempromosikan tenun ulos, mulai dari diri kita masing-masing. Mari kita semua bersyukur dan mengucapkan terimakasih atas bantuan ini, semoga usaha kita semua semakin maju,  yakinlah bahwa Bapak Bupati bersama Dekranasda akan selalu berupaya membangkitkan UKM tenun ulos, untuk itu semua harus lebih giat berusaha," lanjut Satika Simamora.

"Walaupun pada kesempatan ini masih 1.565 penenun yang mendapat bantuan benang ini, kita akan tetap perjuangkan agar penenun lain juga akan menerima bantuan juga pada kesempatan lainnya. Harus tetap semangat hingga pandemi ini dapat kita lalui dengan sehat sekaligus tetap menjaga protokol kesehatan dan juga meningkatkan immun tubuh," akhir sambutan Ketua Dekranasda yang dilanjutkan dengan penyerahan bantuan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Marco Panggabean yang turut hadir pada kesempatan tersebut, berpesan agar para penenun bijak dalam berusaha.

"Bantuan ini wujud perhatian Pemerintah dan Dekranasda dalam mengatasi kelesuan akibat kondisi pandemi covid-19 sekarang, semoga semakin gigih dalam berkarya. Bantuan ini sekaligus sebagai modal awal kita untuk melanjutkan usaha, mari bangkit kembali untuk berkarya," ucap Marco Panggabean.