Wabup Taput Kembali Pimpin Rapat Lanjutan Penyusunan Laporan SAKIP


Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M. Si diwakili Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat, SH yang didampingi Kepala Bagian Organisasi Marihot Simanjuntak dan Sekretaris Bappeda G.M Banjarnahor memimpin Rapat Lanjutan Pembinaan dan Pendampingan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintah (SAKIP), bertempat di Aula Martua Kantor Bupati Tapanuli Utara, Tarutung (Selasa, 13/10/2020).

Pada pertemuan kali ini  dilanjutkan dengan paparan oleh beberapa OPD menyampaikan konsep SAKIP yang dilengkapi dengan issu strategis, indikator strategis, sasaran setiap tingkatan eselon, indikator dan sasaran sesuai tupoksi masing-masing.

“Saya minta untuk menyempurnakan SAKIP ini, kita harus berani bekerja dengan aturan yang ada di SAKIP ini. Kita berupaya setiap tahun harus ada peningkatan kinerja setiap OPD, harus mampu menjabarkan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sesuai tupoksi masing-masing dalam bentuk program dan kegiatannya untuk meningkatkan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Utara ini,” jelas  Wabup kembali menegaskan.

Pada kesempatan tersebut,  juga diikuti narasumber secara daring dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang diwakili Analis Kebijakan Pertama Aiaz Rajasa, S.E, Ak. M.Acc.

Analis Kebijakan menjelaskan pentingnya pembuatan pohon kinerja sehingga ada pendekatan dalam analisa logika.
"Dengan adanya Pohon Kinerja yang sudah tepat maka diharapkan pada akhirnya setiap staf akan memiliki Perjanjian Kinerja. Setiap jajaran pada setiap level akan memiliki tugas jelas," ucap Aiaz Rajasa melalui aplikasi virtual.

Wakil Bupati kembali tekankan seluruh OPD untuk segera melakukan perbaikan atas laporan SAKIP yang akan dilakukan evaluasi pada waktu dekat ini.
"Pengendalian pekerjaan sesuai tugas semua OPD sebagai Super Tim dengan koordinasi yang baik, saya yakin SAKIP Kabupaten Tapanuli Utara akan menghasilkan peningkatan dalam penilaian. Kita harus malu apabila kita tidak mampu belajar dari kekurangan-kekurangan kita, kita harus selalu melakukan peningkatan kualitas setiap tahunnya, SAKIP ini akan menjadi salah satu acuan kita dalam bekerja. Khusus pada OPD yang terkait langsung dalam mendukung pencapaian Visi Kabupaten Tapanuli Utara harus mampu menjabarkan tugasnya dalam SAKIP ini," ucap Wakil Bupati sekaligus menutup pertemuan tersebut.